Benarkah Bitcoin itu sengaja dibuat ???

Ngawur MC

Trader bagus
Bagaimana Bitcoin Dibuat?
Mohon izin kepada mimin dan momod di forum tercinta kita untuk membuat thread baru tentang kripto. Semoga saja belum ada yang sejenis. Hihihih

Nah setelah sering replay dan berdiskusi kepada sesama anggota forum, maka timbul ide saya membuat thread ini.

Pertama kali kita mendengar atau bergelut dengan bitcoin dan kawan-kawan (panggil saja Kripto), maka pasti kita akan berpikir bagaimana sebetulnya kripto itu dibuat? Siapa yang mengawasinya, jumlahnya berapa? Atau mungkin ada yang main hajar saja, beli bitcoin kemudian simpan, lalu jual pas harga paling tinggi akhir tahun 2017 kemaren. Itu pasti rasanya nyimpen besi karatan yang tiba-tiba berubah jadi emas berlian. Hihihihih

Nah, setelah bergelut dengan kripto sejak pertengahan 2017 lalu, diawali dengan iseng sign up di salah satu web tulis menulis yang berbasis blockchain(dibayarnya pakai kripto) hingga akhirnya terjun ke dunia bounty dan lumayan banyak melihara tuyul. (yang suka bounty pasti banyak tuyulnya)
Lalu Bagaimana Kripto Dibuat?

Nah untuk paham bagaimana kripto dibuat, aatau di mine, atau minted, maka kita harus paham blockchain.
Blokchain adalah sistem pencatatan besar / buku besar yang berisi semua data transaksi yang disusun dalam satu rantai blok.
Untuk menetukan siapa yang berhak mengisi data dalam blok tersebut, maka para penggunanya (miner) harus berlomba memecahkan teka teki sandi yang berupa hitungan metamati yang kompleks.

Siapa yang paling cepat memecahkan teka-teki ini maka dia yang berhak mencatat segala transaksinya, kemudian menyegel blok tersebut, kemudian blok selanjutnya tercipta dengan proses yang sama, blok tersebut akan saling menyambung. Oleh karena itu hampir mustahil bagi orang untuk mengubah transaksi yang dilakukan didalam blockchain.
1577006319389.png
tampilan animasi blockchain


Ketika miner berhasil memecahkan teka-teki lalu menulis dan memverifikasi seluruh transaksi di dalam blok, apa yang mereka dapat?
Sebagai imbalan karena melakukan penulisan data tersebut, maka miner berhak mendapatkan upah, dalam hal ini kripto (bitcoin dan kawan-kawan).

Seiring Perkembangan teknologi, karena dianggap boros energy tidak tidak ramah lingkungan, cara menambang dan membuat kripto mengalami perubahan.

Secara garis besar ada 3 tipe blockhain di dalam dunia perkriptoan.
Yaitu

  1. Proof of Work (POW)
  2. Proof of Stake (POS)
  3. Masternode (MN)


Nah sekian dulu untuk sekarang,. Untuk selanjutnya saya akan jelaskan ketiga tipe blockchain tersebut.
 
Top